Budaya Indonesia

    Budaya di indonesia ini merupakan peninggalan dari nenek moyang yang harus kita jaga. Indonesia sendiri sudah terkenal akan keragaman budaya. Maka tidak heran jika warga negara asing justru banyak yang rela bersekolah kebudayaan indonesia dan menetap di indonesia. Kita sebagai warga negara indonesia harus bangga dan membantu untuk tetap melestarikannya.Perlu diketahui bahwa beberapa kebudayaan indonesia juga sudah diakui oleh UNESCO. Berikut Penjelasannya :

1. Batik Indonesia

Budaya Indonesia

    Batik merupakan hasil karya indonesia yang sekarang ini sudah mendunia. Batik sudah diakui UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Batik sendiri berasal dari beberapa wilayah indonesia dengan ciri-khas motif yang berbeda-beda. Dan jenis batik sendiri sekarang juga sudah beragam mulai dari batik tulis dan batik cetak. Dulunya batik dibuat menggunakan alat khusus yaitu canting dan malam untuk melukiskan motif di kain dan sering dikenal dengan sebutan batik tulis. Namun sekarang sudah ada alat batik dengan menggunakan cetakan yang sering anda kenal dengan sebutan batik cetak.

2. Seni Budaya Wayang Kulit

Budaya Indonesia

    Budaya indonesia yang kedua yang sudah diakui UNESCO dan banyak juga para turis tertarik mempelajarinya yaitu Wayang Kulit. Budaya yang berasal dari jawa khususnya jawa tengah ini sangat menarik. Wayang kulit merupakan budaya dari masyarakat jawa yang terdiri dari dalang, penyanyi atau sinden dan para pemain musik gamelan.                                                                                                 Selain sebagai budaya, wayang kulit juga pernah dijadikan media penyebaran islam di indonesia oleh salah satu Wali Songo yaitu Sunan Kalijogo. Biasanya pertunjukan wayang kulit menceritakan merupakan cerita dari para kesatria-kesatria Perwayangan seperti Punokawan, Ramayana, Mahabharata.

3. Seni Musik Gamelan

Budaya Indonesia

      Gamelan merupakan perkumpulan dari beberapa alat musik tradisional indonesia yang digunakan untuk mengiringi suatu pertunjukan. Seperti tari,tradisional, wayang dan masih banyak lagi. Gamelan ini terdiri dari alat musik seperti gong, gambang, angklung, saron.                                                                 Suara yang dihasilkan dari alat-alat ini akan menimbulkan suara yang sangat khas. Banyak juga warga negara asing yang juga belajar bermain gamelan. Bahkan di beberapa pertunjukan mereka juga ikut berperan di dalamnya. Nah kita sebagai warga negara indonesia seharusnya juga mempunyai semangat yang sama dengan mereka. Jangan sampai budaya ini luntur dan malah banyak warga negara asing yang menguasainya.

4. Senjata Keris

Budaya Indonesia

    Keris merupakan alat atau senjata untuk duel dari jawa. Namun sekarang ini keris sudah jarang digunakan untuk berduel. Sekarang lebih digunakan untuk acara mantenan yang biasanya akan digunakan sebagai aksesoris oleh calon pengantin pria dengan diselipkan di belakang.                             Senjata keris ini berbentuk runcing namun berlekok diujungnya. Banyak juga keris ini dijadikan barang antik dan jadi koleksi para seniman. Orang yang membuat keris mempunyai sebutan tersendiri yaitu empu. Sedangkan keris ini juga beragam tergantung asal keris tersebut. Meskipun asalnya dari jawa namun keris ini juga berkembang di Nusa Tenggara, Madura dan Sulawesi.

    Kita harus menjaga dan melestarikannya. Jangan sampai kalah dengan warga negara asing yang sudah mulai tertarik untuk belajar budaya khas indonesia seperti, alat musik gamelan, pertunjukan wayang, dan lainnya.

Komentar